11 Cara Mempercepat Kinerja WordPress

Kinerja situs web wordpress yang lamban sangat menggangu aktifitas pengunjung dan dari admin sendiri. Nah readers di artikel kali ini , kami akan membahas 11 Cara mempercepat kinerja wordpress yang bisa kalian terapkan di situs wordpress kalian. Apa saja cara – caranya yuk simak di bawah ini.

Tapi sebelum itu kita harus tau mengapa kinerja sebuah situs wordpress harus cepat ? alasannya ada banyak tapi kita akan berikan alasan bersarnya yang salah satunya ;

1. Search Engine akan memberikan peringkat rendah berdasarkan waktu pemuatan situs web. Dan akan memprioritaskan situs web yang lebih cepat ini akan berpengaruh dalam SEO web.

2. Jika situs web kalian sebuah situs web e-commerce/toko online , ini akan sangat menggangu kenyamanan dari pengunjung situs web kalian.

Terus gimana caranya kalian tahu situs web kalian cepat atau lambat?

Kalian harus menganalisis sendiri waktu membuka situs web kalian. Kalian harus memperhatikan beberapa faktor seperti ;

  • ukuran halaman tertentu kalian
  • situs web kalian di cache atau tidak
  • jenis konten kalian apa (statis atau dinamis) yang dihosting.

untuk mengecek kecepatan situs web , kalian bisa mencobanya di link situs web berikut :

  1. webpagetest.org
  2. tools.pingdom.com

Oke langsung masuk intinya apa aja sih cara – cara untuk mempercepat kinerja situs web wordpress, simak kiat-kiatnya dibawah ini.

1. Pilih Web Hosting Yang Baik

Ini yang bisa jadi faktor utama yang mempengaruhi kecepatan  situs web adalah hosting dari situs web itu sendiri. Memang bagus menghosting situs web kalian di penyedia hostung yang menawrkan bandwidth “tidak terbatas”, ruang , email, domain, dll. Tapi kalian harus memperhatikan efisien tidaknya hostingan tersebut. Jadi kalian haru bijaksana untuk memilih tempat hostingan kalian.

2. Pakai Tema/Template WordPress Yang Ringan

Template wordpress yang memiliki elemen dinamis , slider, widget , dll memang sangat menarik untuk dilihat. Tapi ingat , terlalu banyak elemen dan ukuran halaman yang besar akan menyebabakan server web kalian akan berat dalam memproses situs web kalian. Opsi terbaik yang bisa kalian lakukan adalah memilih tema yang ringan contohnya menggunakan salah satu tema wordpress default.

3. Kompres Ukuran Gambar

Gambar memang menjadi salah satu elemen utama yang perannya penting untuk sebuah situs web. Tapi jika ukuran dari gambar tersebut terlalu besar , ini akan membuat waktu pemuatan akan lebih lama dan memakan waktu. Jadi kalian bisa mengkompresi gambar kalian sebelum digunakan di situs web kalian. Kalian bisa mengkompresikan gambar kalian menggunakan plugin wordpress lengkapnya kalian bisa lihat disini.

4. Perkecil File JS Dan CSS

Jika kalian menjalankan situs web kalian menggunakan alat Google PageSpeed Insights, kalian mungkin akan di srankan untuk meminimalkan ukuran file JS dan CSS kalian. Dengan mengurangi ukuran dari file ini kalian dapata mengingkatkan kecepatan pemuatan situs kalian.

5. Gunakan Mekanisem Caching Lanjutan dengan Plugin Caching

Dengan menggunakan plugin caching wordpress yang lebih lanjut dapat ini juga dapat membantu kalian meningkatkan kecepatan pemuatan dari situs web kalian. Plugin caching yang bisa kalian coba seperto misalnya W3 Total Cache.

6. Gunakan CDN

CDN (Content Delivery Networks) berfungsi utama untuk menyajikan halaman web kepada pengunjung dari lokasi terdekat yang memungkinkan. Dengan adanya layanan CDN kalian membantu menjaga kecepatan pemuatan situs seminimal munhkin bagi pengunjung dari berbagai negara. Contoh layanan CDN yang palung populer seperti Cloudflare dan MaxCDN.

7.  Aktifkan Kompresi GZIP

Mengompresi file memang dapat menghemat banyak ruang disk. Demikian pula berlaku untuk sebuah situs web. Kalian bisa menggunakan kompresi GZIP. GZIP akan memampatkan berbagai file sehingga setiap kali pengunjung mencoba mengakses situs web kalilan , broweser mereka harus membuka zip situs web terlebih dahulu. Dengan adanya proses ini dapat menurunkan penggunaan bandwidth secara signifikan. Jika kalian tertarik kalian bisa menggunakan plugin wordpress seperti contoh PageSpeed Ninja.

8. Membersihkan Database WordPress

Menghapus data yang tidak diingnkan atau tidak diperlukan di dalam database juga dapat meminimalkan ukuran database dan juga ukuran backup kalian. Kalian dapat menghapus isi komentar spam, pengguna palsu , draf lama yang tidak terpakai dan mungkin plugin yang tidak digunakan didalam wordpress kalian. Dengan ini akan membantu mempercepat proses pemuatan dari situs web kalian.

9. Nonaktifkan atau Hapus Instalan Plugin

Menyimpan plugin yang tidak digunakan atau tidak diinginkan di situs web kalian akan menambah banyak sekali sampah ke file web kalian. Dan juga dapat meningkatkan ukuran backup kalian sehingga memberikan beban besar pada server kalian. Maka dari itu lebih baik kalian membuang plugin yang tidak digunakan.

10. Jaga Agar Script Eksternal Seminimal Mungkin

Penggunakn External Script atua Skrip eksternal di halaman web kalian dapat menambahkan banyak data ke total wakut pemuatan situs web kalian. Maka dari itu hindari menggunakan skrip terlalu banyak  dan gunakan seperlunya, pakai yang sangat dibutuhkan seperti Google Analytics atau sistem komentar konten eksternal contoh Disqus.

11. Nonaktifkan Pingback dan Trackback

Pingbacks dan Trackbacks ini merupakan komponen inti dari WordPress yang memberi tahu kalian setiap kali halaman kalian menerima tautan. Ini mungkin berguna, tapi jika kalian terus mengaktifkan pingback dan trackbac juga akan membebani server situs web kalian. Ini karena jika setiap klai ada orang yang mencoba menautkan ke situs web kalian dan akan menghasilkan permintan dari WordPress secara bolak-balik. Fungsi ini juga akan diasalahgunakan suntuk menargetakn situs web dengan serangan DDoS.

Jika kalian ingin mematikan semuanya, kalian dapat menghapus di pilihan “notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks)” di dalam menu Settings -> Discussion.

 

Cepat lambatnya sebuah situs web memang sangat mempengaruhi aktifitas di sebuah situs wordpress maka dari itu lewat dari tips-tips yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk kalian ya. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

 

Di sadur dari Sumber : CodeInWp

Ztudioz Team