4 Plugin WordPress Backup Web Dan Database Gratis

Sebuah situs web pasti akan mengalami waktu untuk backup data. Kenapa? , sebuah situs harus melakukan backup data untuk menghindari resiko terjadinya kejadian-kejadian yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan situs web kalian tidak bisa diakses atau malah kehilangan data kalian. Nah Ztudioz readers , jika kalian berfikir untuk mem-backup data web dan database wordpress kalian, kami punya beberapa saran Plugin WordPress Backup Web Dan Database Gratis yang bisa kalian gunakan di situs web kalian secara gratis. Apa saja itu ? yuk simak di bawah ini.

1. UpdraftPlus

UpdraftPlus , plugin ini merupakan plugin wordpress backup web dan database yang menjadi salah satu yang popluler. Plugin ini sudah memiliki tiga juta lebih pemasangan aktif di dunia saat ini. Plugin ini tersedia dengan versi gratis dan berbayar. Tenang saja versi gratis sudah memiliki banyak fitur lo, contohnya ;

  • Kalian bisa memilih pilihan backup antara Full-backup atau partial-back-up
  • Kalian bisa mengatur / menjadwal backup secara otomatis
  • Kalian bisa merestorasi hasil backup kalian
  • Hasil backup kalian bisa kalian simapan ke cloud seperti Dropbox, Google Drive , dll.

2. Jetpack

Jetpack, plugin wordpress yang satu ini sudah sangat dikenal oleh pengguna situs web wordpress. Plugin wordpress yang satu ini merupaka plugin dengan paket lengkap. Kalian tidak hanya bisa mem-backup data situs web kalian , tapi kalian bisa meningkatkan keamanan situs web, melakukan optimasi performa situs web, hingga mengatur tampilan konten.

3. All In One WP Migration

All in One WP Migration, plugin wordpress backup web dan data yang menyediakan opsi ekspor dan impor file yang cukup sederhanda. Plugin yang satu ini memiliki kemampuan menyesuaikan ukuruan file yang ditransfer ke hosting yang baru dengan membuat bypass ke sistem. Fungsi ini sangat berguna sekali untuk pengguna shared hosting , karena ada paket hosting tertentu yang biasanya membatasi seberapa banyak anda dapat memodifikasi pengaturan default WordPress.

4. BackWPUP

Plugin wordpress backup web dan database yang satu ini juga menjadi salah satu pilihan populer untuk mem-backup data situs web. Dengan berbekal tampilan yang sederhana dan mudah di pahami pengguna, plugin ini dapat membantu kalian mem-backup data situs web kalian. Plugin ini dapat melakukan backup otomatis situs web kalian juga. Untuk menyimpan file backup kalian, kalian dapat menyimpannya dengan cara mengirim melalui email, backup ke FTP, Dropbox, Amazon S3, Windows Azure, Rackspace dan SugarSync.

 

Nah itu tadi beberapa saran plugin wordpress backup web dan database yang bisa kalian gunakan di situs web kalian. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima Kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya, Bye~.

 

Dikutip dari sumber : WordPress , Hoster , Niagahoster , Hostinger

Ztudioz Team